News from other

publish on 11:31
Ada tulisan yg menenangkan dari Fauzi Ichsan (ekonom Standard Chartered ) di Bisnis Indonesia kemarin. Dia menggambarkan kondisi bursa saham global seperti ini:

– Bahwa yang namanya pasar selalu antisipatif dan cenderung over-react dalam menghadapi berbagai masalah karena dibayangi oleh ketakutan yang belum tentu terjadi.

(OK, 100% setuju).

– Pengakhiran QE bukan utk pertama kalinya. The Fed pernah mengakhiri QE1 dan QE2, dan semuanya tidak sampai memicu koreksi berlebih seperti ini. Berakhirnya QE juga berarti ekonomi Amerika dianggap mulai mapan dan diharap dapat menjadi motor pertumbuhan ekonomi dunia saat China melambat.

(Memang benar sih, bahkan saat itu tidak banyak yg tau kapan persisnya QE berakhir karena tidak banyak gembar-gembornya)

– The Fed diduga tidak akan melakukan tapering QE secara pihak, karena jika Ya maka akan merugikan Amerika sendiri. Dollar akan menguat, eksportir dirugikan, growth akan melemah. Jadi The Fed mungkin akan berkoordinasi dengan bank sentral lain utk sama-sama melakukan tapering).

(Apa bisa ya? Dulu aja The Fed QE sendirian, skrg tapering ngajak-ngajak? Bukannya dampak negatifnya malah lebih besar kalo semua bank sentral serempak tapering?)

– Fed fund rate akan tetap rendah hingga 2015 seperti janji Bernanke sejak lama. Artinya, menyimpan uang di money market dalam jangka panjang bukanlah opsi yg menarik.

(Setuju banget, jika pada titik tertentu fund manager global menyadari kenyataan bahwa return di pasar uang dalam jangka panjang tidak lebih menguntungkan sementara disisi lain harga saham mulai murah, rasanya bursa saham akan rebound. Pertanyaannya sampai kapan itu?)

(Khrisna DS)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s