Penundaan DEBT CEILING

VIVAnews – Pemimpin Mayoritas Senat, Harry Reid dan Pemimpin Minoritas, Mitch McConnell, akhirnya mengumumkan kesepakatan pada Rabu, 16 Oktober 2013. Kesepakatan itu menghindarkan pemerintah Amerika Serikat selamat dari ancaman gagal bayar (default).

Kesepakatan diperoleh jelang menit-menit terakhir pencapaian batas utang maksimum US$16,7 triliun pada Kamis 17 Oktober 2013. Kedua kubu, Demokrat dan Republik, mencapai kompromi untuk menaikkan batas utang hingga 7 Februari 2014.

Kesepakatan itu sekaligus mengakhiri penghentian (shutdown) layanan pemerintah untuk sementara yang sudah berlangsung selama 16 hari.

Seperti dikutip dari Washington Post, kesepakatan ini menghindari perubahan besar pada Undang-Undang tentang Kesehatan Terjangkau yang digagas Presiden AS Barack Obama.

Pencapaian kompromi ini juga menunjukkan kemenangan besar bagi Demokrat, sekaligus penolakan kepada Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat dari Partai Republik, yang selama beberapa pekan menggunakan ancaman shutdown dan perubahan dalam undang-undang kesehatan sebagai senjata politiknya.

Melalui kesepakatan itu, layanan pemerintah dapat dibuka kembali, dan ratusan ribu karyawan federal akan kembali bekerja. Kesepakatan itu juga berarti bahwa Departemen Keuangan dapat terus meminjam uang untuk membayar tagihan kepada pemerintah.

“Setelah beberapa pekan dihabiskan untuk saling berhadapan dan berseberangan pendapat, yang memicu negara pada jurang bencana, akhirnya lawan politik mengesampingkan perbedaan dan perselisihan,” kata Reid.

“Apa yang kami lakukan adalah mengirim pesan kepada warga Amerika, dan setiap warga negara di dunia, bahwa Amerika Serikat akan memenuhi kewajibannya,” tuturnya.

Selain menaikkan ambang batas utang yang mencapai US$16,7 triliun, pemerintah akan mendapatkan pendanaan hingga 15 Januari 2014. Situasi itu juga akan menunda ancaman shutdown berikutnya hingga setelah libur Natal dan Tahun Baru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s