Nouriel Roubini : INDONESIA Akan Terhindar Dari Krisis Global

Kendati perusahaan keuangan internasional, Morgan Stanley menyebut Indonesia sebagai salah satu negara Fragile Five, namun Profesor Ilmu Ekonomi dari New York University, Nouriel Roubini, memperkirakan bahwa Indonesia akan terhindari dari ancaman krisis global. Dikenal sebagai Dr Doom (Kiamat) karena prediksi-prediksinya yang biasanya muram, Roubini bahkan yakin krisis 1997-1998 tak akan terulang di Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Roubini saat mengikuti acara Mandiri Investment Forum 2013 di Grand Hyatt Hotel Jakarta, Senin (11/11). “Perekonomian Indonesia masih jauh lebih baik dari negara-negara berkembang yang masuk kategori Fragile Five,” kata Roubini.

Sebagaimana diketahui, istilah Fragile Five dipopulerkan oleh Morgan Stanley untuk menyebut negara-negara berkembang yang tengah mengalami depresiasi mata uang terbesar di pertengahan 2013. Negara-negara Fradile Five itu adalah Indonesia, Brasil, Afrika Selatan, India dan Turki.

Indikator lain negara-negara yang masuk kategori Fragile Five menurut Morgan Stanley yakni, tingkat inflasi yang tinggi, pertumbuhan ekonomi yang mengalami pelemahan, defisit neraca transaksi berjalan yang besar dan eksposur ekonominya terhadap China sangat tinggi.

Lebih lanjut Roubini memastikan, krisis ekonomi global tidak akan membawa Indonesia pada situasi yang pernah terjadi pada 1998. “Krisis ekonomi yang sangat buruk di 1998 tidak akan terjadi lagi di Indonesia,” tegas Roubini dikenal dengan akurasinya saat memprediksi krisis ekonomi di Amerika Serikat pada 2008 silam.


Mandiri Investment Forum 2013
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s