investasi fokus

Setelah membaca suatu artikel yang sedang HOT, membahas strategi Warren Buffett tentang “investasi nilainya”. si Udin menjadi sangat terinspirasi dengan gaya investasi dari sang maestro investasi tsb. Bermaksud mengikuti jejaknya, maka setelah dipelajari dan dilakukan pelacakan saham dengan penciuman investasinya, ditemukanlah saham bernilainya, yaitu KTAI – PT. Kuning TApi Indah.

UDIN : tak-tik-tak-tik-tuk-teettt. [udin sedang mengetik order beli saham]

BAMZ : Wih, pagi2 udah dapat mangsa luh, din.

1 jam pun berlalu.

UDIN : tak-tik-tak-tik-tuk-teettt. [ udin entri order beli lagi, ceritanya akumulasi]

BAMZ : Widih, udah profit apaan luh, din.

UDIN : kagak, bamz. gue order beli lagi koq.

BAMZ : saham apaan tuh, din.

UDIN : KTAI, bro.

Penutupan sesi-1.

UDIN : tak-tik-tak-tik-tuk-teettt. [order beli lagi ceritanya]

JACK : Din, maen saham apaan luh, ajak2 gw dong. [ceritanya baru dateng]

UDIN : gw beli buat simpen, Jack.

JACK : oooooo, gw ga ikutan dah.

Penutupan Sesi-2.

BAMZ : din, gimana penutupan saham yg lu beli, saham apaan tadi.

UDIN : KTAI, bro.

BAMZ : emang luh ada info apaan, din.

UDIN : kagak, Bamz. gw mau simpen nih, kayanya untuk jangka panjang bagus nih.

BAMZ ; luh tau tuh saham itu bergerak dibidang apaan, din. gimana prospek jangka panjangnya, labanya apakah bertumbuh tiap tahun.

UDIN : wah kagak tuh, Bamz. gw cuman suka liat pergerakannya, dan feeling gw cakep nih, soalnya gw tanya-tanya temen-temen gw juga OK.

BAMZ, JACK : *tepok jidat*.


KESIMPULAN : Untuk melakukan investasi jangka panjang, ada banyak hal yang harus di hitung terutama Fundamental Analysis [FA], yaitu anda telah melakukan penelitian atas laporan keuangan yoy [year on year] seperti hutang yang kecil ataupun penggunaan hutang yg bijaksana untuk ekspansi, aset yang terus bertumbuh, laba dan deviden yg terus bertumbuh, serta kalau bisa mengetahui bahwa manajemennya kredibel dan dapat diandalkan.

Sedangkan jika menggunakan Technical Analysis, anda haruslah melakukan dalam timeframe yg lebih panjang seperti Monthly-Quarterly, sehingga didapatkan trendline yang lebih solid.

Leave a Reply

